Bumi dan Teknologi

Teknologi zaman sekarang sudah banyak berkembang. sehingga kita dapat dengan mudah melakukan apapun yang kita inginkan. tetapi semua itu ada dampak positif dan negatifnya.

Blogger Template by Blogcrowds.

Sabtu, 10 Januari 2009

PENGARUH MUSIK ROCK, JAZZ, DAN INSTRUMENTAL SAXOPHONE
PADA SINYAL OTAK MANUSIA

Rekaman sinyal otak ( electroencephalogram) merupakan hasil aktivitas listrik di otak. Sinyal otak manusia dibagi menjadi 4 jenis, yaitu sinyal delta (1.5-3 Hz), sinyal theta (3-8 Hz), sinyal alpha (8-13 Hz), dan sinyal beta (13-30 Hz). Perubahan tingkat amplitudo dari gelombang theta dan alpha saat mendengarkan suara tertentu dapat menjadi indikator tingkat kenyamanan seseorang. Sinyal alpha saat ini sering dilupakan manusia karena berbagai kesibukan dan suasana pola hidup. Salah satu metoda pembangkitan sinyal alpha adalah dengan mendengarkan musik tertentu.
Pada penelitian ini digunakan musik berirama rock, jazz, dan instrumental saxophone dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jenis musik tersebut terhadap peningkatan amplitudo gelombang listrik otak terutama sinyal theta dan alpha dilihat dari daya rata-ratanya.
Percobaan dilakukan dengan menggunakan alat Brainmapping yang merupakan pengembangan dari EEG. Karakteristik alat ini selain mengeluarkan sinyal-sinyal EEG, juga mengeluarkan amplitudo rata-rata dari gelombang-gelombang otak. Software yang digunakan adalah Sigma PLpro.
Data yang diambil adalah amplituda dari PSD yang telah dirata-ratakan berdasarkan jenis gelombang EEG, dan peta gelombang otak. Data yang diperoleh lalu diolah dengan menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan range test sehingga dapat dianalisis perbedannya. Hasil yang diperoleh adalah:
a) Daerah pada otak yang berpengaruh pada pemberian musik adalah daerah temporal otak.
b) Sinyal delta, alpha dan beta dapat terpengaruh oleh musik walau secara statistik tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil pengukuran.
c) Jenis musik secara signifikan mempengaruhi sinyal theta.
d) Musik jazz menaikkan gelombang theta dan alpha lebih besar daripada instrumental saxophone, sedangkan musik rock menurunkan gelombang theta dan alpha serta menaikkan gelombang beta.
oleh karena itu pakailah music yg berfrekuensi rendah seperti : Kitaro dan lain-lain untuk mengupgrade otak dan gelombang theta dan alpha.

0 komentar:

Posting Komentar